Bagi temen temen yang belum pernah menggunakan netbeans, kita akan mencoba untuk membuat sebuah project dengan netbeans.
1.Pertama kita buka netbeans IDE kita. Dan setelah terbuka kita mulai untuk coding.
2.Lalu kita buat project baru dengan meilih File -> New Project.
3.Dan pilih catagory of project nya Java SE dan projectnya Java Application. lalu klik Next.

4.Kita lakukan penamaan pada project kita. dan klik Finish.
5.Setelah itu akan tampil di side bar kiri nama dan package yang telah kita buat tadi.
6.Pastikan project kita adalah main project (project utama) karena netbeans akan melakukan main compile dan main build/run pada project utama saja. untuk memastikan project yang sedang kita kerjakan. klik kanan di project kita lalu pilih set as main project.
7.Setelah kita dapatkan project kita, lalu kita expand isi project hingga tampak package kita. Lalu kita akan membuat sebuah class didalam project kita tadi. Klik kanan di package kita lalu kita pilih New → Java Class.
8.Lalu kita beri nama class yang akan kita buat. Aturan pemberian nama class adalah diawali dengan huruf besar pada setiap katanya.. sebagai contoh: Mobil, SepedaRodaDua, KacaMata, dll. Setelah itu klik Finish.
9.Begitu seterusnya saat kita ingin membuat sebuah kelas pada sebuah package di netbeans.
10.Ingat saat kita ingin mengompile sebuah project dalam netbeans, kita bisa hanya mengklik tombol yang ada dibawah ini. Dan class yang terkompilasi pertama kali dan yang akan dijalankan untuk yang pertama adalah kelas Main.java yang didalamnya punya method init.
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here (lakukan coding disini).
}



http://sigartech.blogspot.com